apa itu soft skill ??

Sebenernya bingung jugaa mau nulis tentang tugas ini soalnya saya juga baru tau ternyata ada juga di perkuliahan mata kuliah soft skill . hhehe 🙂

Di sini saya gaa mau terlalu banyak berpendapat tentang matkul soft skill. Berdasarkan sumber yang saya ambil dari kompas edukasi Soft skills is a sociological term which refers to the cluster of personality traits, social graces, facility with language, personal habits, friendliness, and optimism that mark people to varying degrees. Soft skills complement hard skills, which are the technical requirements of a job yang mempunyai arti keterampilan Soft adalah istilah sosiologis yang mengacu pada cluster karakter kepribadian, rahmat sosial, fasilitas dengan bahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme bahwa orang menandai untuk berbagai derajat. Soft melengkapi keterampilan hard skill, yang merupakan persyaratan teknis pekerjaan.

Memang sebenarnya jika kita hanya memiLiki hard skill yang bagus tetapi tidak di sertai dengan soft skill yang bagus pula, maka bisa di katakan orang tersebut kurang berhasil . kenapaa bisa saya bilang kayaa gituu ?? heumm.. kalau menurut saya hard skill itu adalah kemampuan otak kanan  dan kiri untuk meraih nilai atau IP yang bagus dalam hal pelajaran atau mata kuliah yang berhubungan dengan itung”an, menulis, menggambar dan Lain nya . sedangkan soft skill adalah kemampuan berinteraksi dengan orang di sekitar kita, kemampuan bekerja sama, kemampuan menghargai orang lain dan yang lain nya tentang berhubungan baik dengan orang lain.

Kalau begitu berarti tanpa saya sadari dan mungkin diantara kamu juga ada yang baru sadar seperti saya hhehe :), kita udah belajar kemampuan soft skill sejak bayi, bayi kan juga belajar berinteraksi dengan orang lain walaupun caranya hanya dengan tangisan dan ocehan-ocehan bahasa bayi . Sampai dewasa pun jugaa masih harus belajar apa itu soft skill dan harus selalu di asah (emang pisau yaa ? ckckck ) kemampuan itu biar tambah mahir .

Ternyata di dunia ini memang serba di ciptakan secara berpasangan yahh ?? ( bukan hanya kaum adam dan kaum hawa aja Looh… ) . Cobaa kita Liat dari siang dan maLam, rasa panas dan dingin, rasa cinta n benci, ada musuh ada teman, otak kanan jugaa ada teman nya otak kiri (yaa walaupun sekarang ada jugaa istilah otak tengah.. hhehe ) sampai kemampuan penunjang seseorang dalam menghadapi dunia yang akan mengalami globalisasi yaitu HARD SKILL dan SOFT SKILL . Tentu nya semua yang berpasangan itu harus seimbang, dan jangan sampai berat sebelah . hhehe 🙂

Yasudah deh,, segitu aja menurut saya . Saya kan hanya manusia biasa, yang tempat nya salah dan khilaf. mohon di maafkan yahh kalau sekira nya tulisan ini kurang bagus bahasa nya atau menurut para pembacaa “CUMA KAYA GINI AJA ?”  hhehe maklum saya juga baru dan masih belajar 🙂 .

Tinggalkan Balasan

