..Penduduk, masyarakat dan Kebudayaannya..

Penduduk Masyarakat Dan Kebudayaan

Kali ini saya menuLis Lagi karena tuntutan tugaas.. hhehe 🙂

Mau bahas tentang apaa yaa ? heuumm.. karena tugas nya tentang penduduk, masyarakat dan kebudayaan nya jadi bahas itu aja yaa yaa yaa ? hhehe 🙂

Penduduk ? apa sih penduduk ituu ? siapaa aja yang di sebut penduduk ? bagaimana seseorang dapat di sebut sebagai penduduk ?

Kira kira apa yaa jawaban atas pertanyaan-pertanyaan saya di atas ? heumm..

Ini jawaban yang saya dapat dari watawarga gunadarma :

Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:

  • Orang yang tinggal di daerah tersebut
  • Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.

Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Masalah-masalah kependudukan dipelajari dalam ilmu Demografi. Berbagai aspek perilaku menusia dipelajari dalam sosiologi, ekonomi, dan geografi. Demografi banyak digunakan dalam pemasaran, yang berhubungan erat dengan unit-unit ekonmi, seperti pengecer hingga pelanggan potensial.

Kepadatan penduduk dihitung dengan membagi jumlah penduduk dengan luas area dimana mereka tinggal.

Beberapa pengamat masyarakat percaya bahwa konsep kapasitas muat juga berlaku pada penduduk bumi, yakni bahwa penduduk yang tak terkontrol dapat menyebabkan katastrofi Malthus. Beberapa menyangkal pendapat ini. Grafik berikut menunjukkan kenaikan logistik penduduk.

Negara-negara kecil biasanya memiliki kepadatan penduduk tertinggi, di antaranya: Monako, Singapura, Vatikan, dan Malta. Di antara negara besar yang memiliki kepadatan penduduk tinggi adalah Jepang dan Bangladesh.

Piramida penduduk

Distribusi usia dan jenis kelamin penduduk dalam negara atau wilayah tertentu dapat digambarkan dengan suatupiramida penduduk. Grafik ini berbentuk segitiga, dimana jumlah penduduk pada sumbu X, sedang kelompok usia (cohort) pada sumbu Y. Penduduk lak-laki ditunjukkan pada bagian kiri sumbu vertikal, sedang penduduk perempuan di bagian kanan.

Piramida penduduk menggambarkan perkembangan penduduk dalam kurun waktu tertentu. Negara atau daerah dengan angka kematian bayi yang rendah dan memiliki usia harapan hidup tinggi, bentuk piramida penduduknya hampir menyerupai kotak, karena mayoritas penduduknya hidup hingga usia tua. Sebaliknya yang memiliki angka kematian bayi tinggi dan usia harapan hidup rendah, piramida penduduknya berbentuk menyerupai genta (lebar di tengah), yang menggambarkan tingginya angka kematian bayi dan tingginya risiko kematian.

Banyaknya kematian yang dikelompokkan menurut jenis kelamin tertentu per seribu penduduk dalam jenis kelamin yang sama

Angka kematian khusus perempuan : jumlah kematian perempuan perseribu perempuan pada pertengahan tahun.

Angka kematian khusus laki-laki : jumlah kematian laki-laki per seribu pria pada pertengahan tahun

ANGKA KEMATIAN KASAR (CDR)

(CRUDE DEATH RATE) banyaknya kematian per 1000 penduduk dalam satu tahun di wilayah tertentu. Angka kematian kasar merupakan ratio kematian selama satu tahun dengan jumlah penduduk pertengahan tahun, angka ini merupakan bentuk angka kematian yang paling kasar dibandingkan dengan angka kematian untuk seluruh penduduk tanpa membedakan karakteristik penduduk yang bersangkutan, misal: jenis kelamin

 

PERKEMBANGAN KEBUDAYAAAN

pengertian : adalah hasi budi atau akal manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup.

menurut E.B taylor :  kompilasi atau jalinan keseluruhan kenyataan dan kebiasaan yang dilakukan manusia sebagai anggota masyarakat

dalam pandangan sosiologi , kebudayaan meliputi : kebudayaan material(berwujud barang), kebudayaan nonmaterial(berwujud kebiasaan)

B. HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KEBUDAYAAN

pada akhirnya terdapat konsepsi tentang kebudayaan manusia yang memberi gambaran bahwa hanya manusia saja yang mampu berkebudayaan/menghasilkan kebudayaan dan sebaliknya tak ada ebudayaan tanpa manusia.

C. HUBUNGAN MASYARAKAT DENGAN KEBUDAYAAN

– Masyarakat tdk dapat dipisahkan dengan manusia karena hanya manusia yang hidup bermasyarakat.

– dimana orang bermasyarakat akan timbul kebudayaan

– manusia , masyarakat dan kebudayaan merupakan kesatuan uth karena dari 3 unsur inilah kehiduap sosial berlangsung.

Kalau ini berdasarkan naLar dan otak saya :

Penduduk menurut saya adalah seseorang yang menetap di suatu wilayah dan berkembang di wilayah tersebut . Misalnya, seseorang yang tadinya hanya tinggal sendiri jadi mempunyai sebuah keluarga yang terdiri dari istri dan anak kemudian berkembang Lagi membentuk keluarga yang baru dari anak-anaknya .

Sekarang siapa aja yang bisa di sebut sebagai penduduk dan di sebut sebagai penduduk? Menurut saya semua yang tinggal menetap di suatu wilayah dapat di sebut sebagai penduduk apaLagi yang sudah memiliki akte kelahiran sebagai penduduk di suatu negara juga memiliki KARTU TANDA PENDUDUK (KTP).

Masyarakat adalah suatu komunitas yang membentuk sebuah perkumpulan di dalam penduduk . masyarakat biasa nya yang hanya tinggal di daerah tertentu dan memiliki sebuah kebiasaan di kelompok tersebut .

Kebudayaan di Indonesia sangat beragam . Banyak sekali kegiatan-kegiatan kebudayaan di suatu daerah dan menurut saya Indonesia sangat kaya akan beragam suku dan budaya nya . Karena itu Indonesia mempunyai  semboyan “BHINEKA TUNGGAL IKA” .

Sungguh sangat beruntung Indonesia ini, mempunyai banyak suku dan ragam budaya . Di setiap negara mempunyai  ragam n budaya yang berbeda maka itu kita sebagi bangsa Indonesia jangan bercerai-berai karena “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh” . 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s