Perubahan dan Pengembangan Organisasi (pendahuluan #part3)

B. Pengertian Perubahan

Sebuah organisasi nantinya akan menujukkan hasil, apakah sebuah organisasi tersebut mengalami perubahan dan perkembangan yang berarti ataukah hanya menjadi sebuah organisasi yang fungsi dan tujuannya tidak terlaksana dengan baik.

Segala sesuatu yang ada di dunia ini setiap saat selalu mengalami perubahan. Hanya tingkat perubahannya yang tidak sama, cepat atau lambat. Jadi tidak ada yang bersifat permanen. Perubahan dalam suatu segi kehidupan akan mempengaruhi segi kehidupan yang lain, terlepas apakah pengaruh itu di rasakan  secara langsung atau secara tidak langsung, cepat atau lambat. Terjadinya suatu perubahan dapat mempengaruhi perubahan – perubahan yang lainnya, oleh karena itu suatu perubahan saling berkaitan, berhubungan dan pengaruh – mempengaruhi.

Organisasi sebagai suatu bentuk kehidupan dalam masyarakat juga mengalami perubahan. Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu menghadapi berbagai macam tantangan. Tantangan itu timbul sebagai akibat pengaruh lingkungan (lingkungan organisasi). Yang di maksud dengan lingkungan organisasi adalah keseluruhan factor yang mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi.

Sebuah perubahan dapat terjadi jika di dalam tubuh suatu organisasi terdapat pengontrolan yang baik, kerjasama yang bagus. Yang di maksud proses perubahan adalah tata urutan atau langkah – langkah dalam mewujudkan perubahan organisasi.

Literatur :

 

  • Robbins, Stephen P. 1994. Teori Organisasi. Jakarta : Arcan

 

 

 

  • Wursanto, I.2002. Dasar-dasar ilmu Organisasi. Yogyakarta : ANDI

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s