Perubahan dan Pengembangan Organisasi (pendahuluan #part4)

C. Pengertian Pengembangan

Ada berbagai macam perumusan yang di kemukakan oleh beberapa sarjana.

Di antaranya sebagai berikut :

Menurut Admosudirdjo (1980; 323 – 324), pengembangan organisasi atau organisasi development mempunyai dua arti, yaitu pengembangan organisai sebagai fungsi administrasi, dan pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis (specialist function) atau sebagai suatu teknik manajemen.

1)    Pengembangan organisasi sebagai fungsi administrasi atau sebagai fungsi adalah kegiatan yang merupakan fungsi dan kewajiban daripada administrasi untuk selalu mengembangkan dan menyesuaikan organisasi kepada perkembangan tugas pokok, kepada perkembangan keadaan lingkungan, kepada kemajuan teknologi yang di pergunakan, kepada kemajuan personil serta produktivitas.

Dari pengertian tersebut selanjutnya dapat diketahui bahwa pengembangan organisasi dipengaruhi oleh beberapa factor :

a)    Faktor lingkungan (environment)

b)    Faktor teknologi

c)    Factor kemajuan personil dan produktivitas

Pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis (specialis function) atau sebagai teknik manajemen merupaka suatu strategi pendidikan yang kompleks yang bertujuan mengubah kepercayaan, sikap mental, nilai dan struktur daripada organisasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi, lingkungan serta tantangan-tantangannya.

—next—

Literatur :

 

  • Robbins, Stephen P. 1994. Teori Organisasi. Jakarta : Arcan

 

 

 

  • Wursanto, I.2002. Dasar-dasar ilmu Organisasi. Yogyakarta : ANDI

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s