Organisasi Regional (Benua Amerika)

 

Amerika Latin Integrasi Asosiasi

Asociación Latinoamericana de Integración (Amerika Latin Integrasi Asosiasi; dikenal sebagai ALADI atau Laia Inggris) adalah sebuah Amerika Latin asosiasi perdagangan integrasi, yang berbasis di Montevideo. Tujuan utamanya adalah pembentukan pasar bersama, dalam mengejar pembangunan ekonomi dan sosial daerah. Ditandatangani pada tanggal 12 Agustus 1980, Perjanjian Montevideo adalah sebuah kerangka hukum internasional yang menetapkan dan mengatur Asosiasi Integrasi Amerika Latin. Ini menetapkan pedoman umum berikut mengenai hubungan perdagangan antara negara-negara penandatangan: pluralisme, konvergensi, fleksibilitas, pengobatan diferensial dan multiplisitas

Sejarah

Amerika Latin Asosiasi Perdagangan Bebas (LAFTA) diciptakan di Montevideo Perjanjian 1960 oleh Argentina, Brazil, Chili, Meksiko, Paraguay, Peru, dan Uruguay. Para penandatangan berharap untuk menciptakan sebuah pasar umum di Amerika Latin dan menawarkan rabat tarif di antara negara anggota. LAFTA mulai berlaku pada tanggal 2 Januari 1962. Ketika asosiasi perdagangan dimulai, memiliki tujuh anggota dan tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan semua tugas dan pembatasan pada sebagian besar perdagangan mereka dalam waktu 12 tahun. Pada akhir 1960-an., Area LAFTA memiliki populasi 220 juta dan menghasilkan sekitar $ 90 miliar barang dan jasa per tahun. Hal ini juga memiliki rata-rata per produk nasional bruto kapita sebesar $440.

Tujuan dari LAFTA adalah penciptaan zona perdagangan bebas di Amerika Latin. Ini harus mendorong perdagangan regional yang saling menguntungkan antara negara-negara anggota, serta dengan AS dan Uni Eropa. Untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa lembaga yang berpartisipasi:

    dewan menteri luar negeri
    konferensi dari semua negara yang berpartisipasi
    sebuah dewan permanen

Perjanjian LAFTA memiliki keterbatasan penting : hanya mengacu pada barang, tidak ke layanan, dan itu tidak termasuk koordinasi kebijakan. Dibandingkan dengan Uni Eropa, integrasi politik dan ekonomi sangat terbatas.

Pada tahun 1970, LAFTA diperluas untuk mencakup empat negara Amerika Latin lebih : Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan Venezuela. Sekarang terdiri dari 11 negara. Pada tahun 1980, LAFTA mereorganisasi ke Amerika Latin Integrasi Asosiasi (ALADI). LAFTA membawa banyak perubahan positif baru ke Amerika Latin. Dengan LAFTA di tempat kapasitas produksi yang ada bisa digunakan lebih lengkap untuk memasok kebutuhan daerah, industri dapat mengurangi biaya sebagai akibat dari ekonomi potensial melalui output diperluas dan spesialisasi regional, dan daya tarik untuk investasi baru terjadi sebagai akibat dari area pasar regional.

Meskipun LAFTA telah membawa hasil yang konstruktif banyak, itu juga membawa masalah ke negara-negara individu dan Amerika Latin secara keseluruhan. Beberapa masalah yang dihadapi masing-masing negara adalah cara mereka dikelompokkan bersama-sama oleh kekuatan ekonomi mereka menurut LAFTA. Pengelompokan awalnya Argentina, Brasil, dan Chile dalam satu kelompok, Kolombia, Chili, Peru, Uruguay, dan Venezuela di kelompok kedua, dan kelompok terakhir yang termasuk Bolivia, Ekuador, dan Paraguay. Ada masalah di klasifikasi ini karena mengabaikan perbedaan ekonomi dan lainnya besar antara negara-negara. Masalah yang dihadapi Amerika Latin secara keseluruhan harus dilakukan dengan banyak negara di benua yang terbelakang. Perjanjian Perdagangan Bebas dipandang sebagai cara negara memiliki interaksi ekonomi yang lebih besar antara satu sama-lain dan dengan demikian meningkatkan keadaan ekonomi negara-negara miskin.

Setiap negara Amerika Latin dapat bergabung dengan Perjanjian Montevideo 1980. Kuba adalah yang terakhir untuk menyetujui, menjadi anggota penuh pada 26 Agustus 1999. Selain itu, ALADI juga terbuka untuk semua negara Amerika Latin melalui perjanjian dengan negara lain dan daerah integrasi benua, serta negara-negara berkembang lainnya atau daerah masing-masing integrasi luar Amerika Latin. ALADI sekarang kelompok Amerika Latin terbesar integrasi. Hal ini bertanggung jawab untuk peraturan tentang perdagangan luar negeri yang mencakup peraturan tentang langkah-langkah teknis, peraturan sanitasi, langkah-langkah perlindungan lingkungan, langkah-langkah pengendalian mutu, tindakan perizinan otomatis, langkah-langkah pengendalian harga, tindakan monopoli, serta langkah-langkah lainnya. Regulasi tersebut dimasukkan ke dalam tempat dalam rangka untuk perdagangan akan lebih diserahkan antara anggota ALADI.

Metode

Para ALADI mempromosikan penciptaan area preferensi ekonomi di wilayah tersebut, bertujuan pada pasar umum Amerika Latin, melalui tiga mekanisme:

Preferensi tarif regional yang diberikan kepada produk yang berasal dari negara-negara anggota, berdasarkan tarif yang berlaku bagi negara – negara ketiga Lingkup regional kesepakatan, antara negara anggota Parsial lingkup perjanjian, antara dua atau lebih negara daerah

Entah kesepakatan lingkup regional atau parsial dapat mencakup bantuan tarif dan promosi perdagangan; komplementasi ekonomi, perdagangan pertanian, keuangan, fiskal, bea cukai dan kerjasama kesehatan; konservasi lingkungan, kerjasama ilmiah dan teknologi; promosi pariwisata; standar teknis dan bidang lainnya. Sebagai Perjanjian Montevideo adalah “kerangka perjanjian”, dengan berlangganan untuk itu, pemerintah negara – negara anggota otorisasi wakil mereka untuk mengatur melalui kesepakatan pada isu – isu ekonomi penting terbesar bagi masing – masing negara.

Sebuah sistem preferensi – yang terdiri dari daftar pembukaan pasar, program kerjasama khusus (bisnis putaran, preinvestment, pembiayaan, dukungan teknologi) dan tindakan countervailing atas nama negara terkurung daratan – telah diberikan kepada negara-negara yang dianggap kurang berkembang (Bolivia, Ekuador dan Paraguay), untuk mendukung partisipasi penuh mereka dalam proses integrasi. Sebagai “payung” kelembagaan dan normatif integrasi regional yang tempat penampungan perjanjian ini serta yang subregional (Komunitas Andes, MERCOSUR, G-3 Perjanjian Perdagangan Bebas, Alternatif Bolivarian untuk Amerika, dll) Asosiasi bertujuan untuk mendukung setiap usaha untuk membuat area ekonomi umum.

Hasil Terjemahan dari sumber :

Asociación Latinoamericana de Integración

^Rachmatika Irfani^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s