Jejaring Sosial

Waktu itu pas gw ke salon *tumbeeeennn* hahaa 😀 , mba – mba salonnya nanya gini ke gw “ Mba, bedanya TWITTER sama FACEBOOK apa sih ? “ ini pertanyaan sebenernya sih gampang cuma buat gw ngejebak banget. Gw emang punya kedua situs jejaring social ini, tapi gw bingung bedanya apa, karena buat gw fungsi keduanya sama yaitu buat reuni temen lama, menambah jaringan (teman), tempat informasi, dan yang penting sih tempat buang segala unek – unek gw. Hahaa 😀 pada akhirnya gw gak bisa jawab apapun selain “ sama aja kok mba “ #speechless# -_- .

Sampe rumah pertanyaan itu masih ngebuat gw kepikiran, karena menurut gw jawaban gw bukan jawaban yang memuaskan *iyaalah emangnya gw alat pemuas apaa ? hahahaa :D*. Akhirnya karena gw bingung, pertanyaan ini gw bikin jajak pendapat aja dengan pertanyaan “ Apa bedanya facebook sama twitter ? sebutin kelebihan dan kekurangannya. Lalu, menurut kalian lebih asik berjejaring social di twitter apa facebook ? “. Dan hasil pendapat dari temen – temen gw kayak gini nih :

Kata meli “ Jejaring social itu sama aja, tergantung pribadi seseorang mau milih yang mana. Facebook itu lebih mudah cara penggunaannya, terus banyak yang bisnin lewat facebook, dan informasi yang di dapat dari facebook gak terbatas. Untuk twitter sebenernya sama aja, tapi twitter terlihat lebih susah penggunaannya karena kurang familiar. Di twitter juga ada pembatasan karakter. Pembatasan karakter di situs jejaring social ada manfaat positifnya, tetapi lebih terlihat individualis dan saya gak terlalu pro atau kontra terhadap jejaring social yang ada. “

Kata Intan “ Sama aja kok #bingung# *ini mah sama aja kayak gw hehee :D* “

Kata pipit “ Twitter itu lebih enak buat curhat, dan lebih enak buat ngeluarin unek – unek (apalagi kalo lagi kesel). Kalo facebook itu enaknya bisa chatting, terus dagang online dan gak enaknya orang bisa tau kalo lagi marah – marah. “

Kata Fahmi “ Facebook = lebih variatif dari segi fitur maupun tampilan, user friendly dan lain lain. Twitter = Simple tapi kurang variatif. Dari segi fitur lumayan bagus, buat penyebaran berita (gosip) cocok banget. Recommended lebih ke facebook. “

Kata Reza “ Kalo facebook itu lebih rapih, dari segi posting, comment terus viturnya banyak. Ada video, music, photo, album, grup, fanpage dan bisa chatting. Terus kalo nulis status bisa lebih dari 150 character. Kalo twitter kebalikan dari facebook . Tapi ini cuma sekedar pendapat gw. “

Kata Windy “ Facebook itu bisa chatting, buat grup, buat aplikasi, dan bisa buat maen game. Lebih asik facebook soalnya kegiatan temen yang beberapa jam yang lalu masih bisa tampil di news feed, kalo di twitter kan cuma yang baru – baru aja yang muncul di timeline. “

Kata Tatang “ Menurut gw sih prinsipnya sama aja, jejaring social. Tujuan utamanya untuk mengenal satu sama lain. Untuk berteman dengan manusia di seluruh jagat raya ini. Kalo facebook, lebih terbuka tentang info – info privasi kita, sedangkan twitter tidak begitu. Menurut gw, overall facebook lebih baik dari twitter, apalagi setelah fitur baru facebook yang memungkinkan kita untuk bervideo call dengan teman dan karena gw juga lebih sering online di facebook. “

Kata Ratih “ Bedanya yaa dari fiturnya, yang jelas facebook lebih bagus fiturnya daripada twitter. Tapi sekarang ketenaran facebook udah bersaing sama twitter, sekarang orang lebih dominan ke twitter *kayak gw hahahaa :D* mungkin karena kebanyakan artis kan eksisnya di twitter, jadi kebanyakan masyarakat ikut-ikut eksis di twitter juga. Padahal kalo di liat fitur – fiturnya bagusan facebook kemana – mana. Cuma pendapat gw yaa 🙂 “

Dari semua pendapat temen – temen gw, dapat di ambil kesimpulan bahwa facebook emang lebih oke fiturnya, jadi kita bisa lebih luwes pergaulannya. Kalo twitter rata – rata emang di pake sama artis – aris local maupun mancanegara tapi bagi rakyat biasa kadang masih suka awam pake twitter.

Kalo boleh jujur yaa gw punya facebook atau twitter yaa cuma ngikutin perkembangan jaman aja biar gak di bilang gaptek, waktu itu bikin facebook karena ikut – ikut temen gw dan itu juga gw di bikinin sama temen hahahaa 😀 kalo twitter asli gw lupa kapan dan karena apa gw bikin tapi yang pasti karena lagi ngetrend juga kayaknya hahaha 😀

Overall, facebook ataupun twitter hanyalah sebuah situs jejaring social. Kita sebagai user sebaiknya harus pintar – pintar mengatur privasi. Lebih baik bedakan mana dunia nyata dan dunia maya. Sekedar untuk berlebai – lebaian dikit boleh laaaahh hahaaa 😀 yang paling penting jangan pernah lupa untuk mengupdate password sesekali, karena hacker mengancam dimana – mana *sereeemmm* :(. Jangan sampai situs jejaring kita di salahgunakan. Salam dunia maya 🙂

^Rachmatika Irfani^

Tinggalkan Balasan

