Design Pekerjaan

PENDAHULUAN

Desain pekerjaan adalah fungsi penetapan kegiatan kerja seorang atau sekelompok karyawan secara organisasional.

Tujuannya untuk mengatur penugasan kerja supaya dapat memenuhi kebutuhan organisasi.

PEMBAHASAN

Desain pekerjaan merupakan keputusan dan tindakan manajerial yang mengkhususkan kedalam cakupan dan hubungan pekerjaan yang objektif untuk memenuhi kebutuhan orgranisasi serta kebutuhan sosial dan pribadi pemegang pekerjaan.

 
Strategi desain pekerjaan dikembangkan dengan menekankan pentingnya karakteristik pekerjaan inti. Strategi berdasarkan teori motivasi Herzberg yang mencakup peningkatan kedalam pekerjaan melalui pendelegasian wewenang yang lebih besar kepada pemegang pekerjaan. Tetapi pemerkayaan tidak dapat diterapkan secara universal karena tidak mempertimbangkan perbedaan individu.
 
Ukuran perbedaan individu mendorong untuk mengkaji cara meningkatkan persepsi positif terhadap keragaman. Identitas, arti, otonomi dan balikan akan meningkatkan prestasi kerja dan kepuasan kerja seandainya para pemegang pekerjaan memiliki kebutuhan pertumbuhan yang relatif tinggi.Peningkatan dimensi inti pekerjaan.

Mengkombinasikan unsur tugas yakni menugaskanseluruh pekerjaan(modulkerja). Kebijaksanaan memilih metode kerja. Kendali atas kecepatan kerja sendiri.

Masalah desain ulang pekerjaan.

Program ini makan waktu dan biaya yang mahal. Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi di tempat kerja. Ditolak serikat pekerja karena lebih banyak hasil kerja dengan upah yang sama.

KESIMPULAN
Dalam sebuah organisasi atau perkumpulan, sudah selayaknya memiliki design pekerjaan di dalamnya. Seorang manajer sebuah perusahaan biasanya harus menentukan divisi divisi pekerjaan dan apa saja yang harus di kerjakan oleh masing masing divisi tersebut, tentu saja menentukannya tidak dengan sembarangan, melainkan melihat dari beberapa aspek dan keperluan perusahaan.
Sumber :
^Rachmatika Irfani^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s