Metode dan Aplikasi Pengembangan Organisasi

PENDAHULUAN

Pengenbangan Organisasi merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu organisasi. Pengembangan Organisasi merupakan suatu pendekatan situasional atau kontingensi untuk meningkatkan efektifitas organisasi. Pengembangan Organisasi lebih menekankan pada system sebagai sasaran perubahan. Pengenbangan Organisasi  meliputi perubahan yang sengaja direncanakan.

Pengembangan organisasi mengukur prestasi suatu organisasi dari segi efisiensi, efektifitas dan kesehatan :

1. Efisien dapat diukur dengan perbandingan antara masukan dan keluaran, yang mengacu pada konsep Minimaks (Masukan minimum dan keluaran maksimum).
2. Efektifitas adalah suatu tingkat prestasi organisasi dalam mencapai tujuannya artinya kesejahteraan tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai
3. Kesehatan organisasi adalah suatu fungsi dari sifat dan mutu hubungan antara para individu dan organisasi yaitu hubungan yang dinamis dan adaptabilitas

PEMBAHASAN

A. METODE DAN APLIKASI PENGEMBANGAN ORGANISASI

Metode pengembangan struktur
o Manajemen berdasarkan sasaran / manajemen by objective (MBO)
Membantu menyediakan wewenang lebih besar dari setiap orang untuk menentukan tujuan pekerjaan mereka.
o Sistem 4
Merupakan pendekatan yang diterapkan secara luas untuk mengembangkan karakteristik desain organis dalam suatu organisasi.
o Teknologi Desain
Metode mendesain organisasi berdasarkan hubungan yang dipandang untuk melaksanakan tugas individu.

Metode pengembangan perilaku
o Program Geradi Manajemen
Program yang mengkombinasikan pelatihan kepemimpinan dan latihan pengembangan kelompok.
o Pembinaan Tim
Suatu teknik menajeen yang mencakup sejumlah metode spesifik untuk membentuk kerja tim yang efektif, baik di dalam maupun di antara kelompok kerja.
o Perencaan Kehidupan
Suatu metode pengembangan yang mendorong dan memungkinkan oran orang memainkan peran aktif dalam memadukan karier dan aktivitas kheidupan mereka ke arah hasil yang memuaskan.
o Pelatihan Kepekaan
Metode yang diterapkan secara luas untuk membantu orang orang mempelajari cara peningkatan keterampilan antar pribadi mereka.

Diskusi struktur organisasi di gunakan untuk mendiskusikan masalah yang ada, melakukan diagnosis masalah, menganalisis dan mempertimbangkan alternatif solusi.

KESIMPULAN

Agar sebuah organisasi berkembang, ada beberapa langkah – langkah atau metode yang digunakan. Yaitu, metode pengembangan secara struktur dan metode pengembangan secara perilaku. pengembangan struktur lebih menekankan pengembangan kepada struktural organisasi, sedangkan pengembangan secara perilaku menekankan kepada individu di dalam organisasi tersebut. Semua itu tentu saja akan di jalankan, jika sudah di diskusikan dengan seluruh anggota kelompok organisasi.

SUMBER :

Blog

Scrib

^Rachmatika Irfani^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s