Telematika (pengertian, contoh, & dampaknya)

Apa itu Telematika?

    Pada awalnya telematika berasal dari bahasa Perancis yaitu “Telematique” yang berarti perpaduan antara sistem jaringan komputer dengan teknologi informasi.Teknologi Informasi itu dapat dikaitkan dengan perkembangan teknologi perangkat-perangkat sebagai pengolah informasi yang ada pada saat ini. Istilah Telematika juga dikenal sebagai “The New Hybrid Technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Istilah telematika sering digunakan dalam berbagai bidang, diantaranya:
  1. Information and Communication Technology (ICT). Pada dasarnya ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  2. Global Positioning System (GPS). Sebuah teknologi sistem navigasi.
     Pada saat ini telematika banyak digunakan dalam berbagai hal, misalnya E-Commerce, E-Government, E-Learning.
  1. E-Commerce merupakan suatu proses transaksi jual-beli, transfer atau pertukaran produk secara online melalui jaringan komputer atau internet.
  2. E-Government merupakan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat atau pihak lain. Biasanya teknologi yang digunakan adalah berbasis internet seperti website.
  3. E-Learning merupakan teknologi telematika yang dapat menghubungkan guru dengan siswa meskipun tidak dalam satu kelas.
     Penggunaan telematika akan banyak memberikan dampak yang luas, khususnya dalam efisiensi waktu produktif, pemerataan distribusi, dll. Semakin pesat perkembangan teknologi, maka telematika ini akan semakin besar pula.

ARSITEKTUR

Menurut kamus istilah arsitektur dapat diartikan sebagai struktur desain komputer dan semua rinciannya, seperti sistem sirkuit, chip, bus untuk ekspansi slot, BIOS dan sebagainya. Tiga elemen utama sebuah arsitektur, masing-masing sering dianggap sebagai arsitektur, adalah:

—  Arsitektur sistem pemrosesan, menentukan standar teknis untuk hardware, lingkungan sistem operasi, dan software aplikasi, yang diperlukan untuk menangani persyaratan pemrosesan informasi perusahaan dalam spektrum yang lengkap. Standar merupakan format, prosedur, dan antar muka, yang menjamin bahwa perlengkapan dan software dari sekumpulan penyalur akan bekerja sama.

—  Arsitektur telekomunikasi dan jaringan, menentukan kaitan di antara fasilitas komunikasi perusahaan, yang melaluinya informasi bergerak dalam organisasi dan ke peserta dari organisasi lain, dan hal ini juga tergantung dari standar yang berlaku.

—  Arsitektur data, sejauh ini merupakan yang paling rumit diantara ketiga arsitektur di atas, dan termasuk yang relatif sulit dalam implementasinya, menentukan organisasi data untuk tujuan referensi silang dan penyesuaian ulang, serta untuk penciptaan sumber informasi yang dapat diakses oleh aplikasi bisnis dalam lingkup luas. 

Berbagai macam layanan Telematika antara lain :

• Layanan Telematika dibidang Informasi

Penggunaan teknologi telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat. Wartel dan Warnet memainkan peranan penting dalam masyarakat.

• Layanan Telematika dibidang Keamanan

Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Seperti contohnya dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.
•Layanan Context Aware dan Event-Based
Di dalam ilmu komputer menyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness. Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh : ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan telepon yang tidak penting. Dan untuk saat ini, konteks location awareness dan activity recognition yang merupakan bagian dari context-awareness menjadi pembahasan utama di bidang penelitian ilmu komputer.
• Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.

Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.

Dampak positif dan negatif perkembangan ilmu telematika :

Ilmu telematika merupakan bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Kepanjangan dari telematika yaitu telekomunikasi dan informatika yang merupakan suatu teknologi yang memungkinkan mengirim atau menerima suatu informasi dengan menggunakan komunikasi jarak jauh dengan media elektromagnetik. Telematika memiliki manfaat, diantaranya:
  1. Manfaat internet dalam bidang E-Bussines yaitu dapat menekan biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diverifikasi kebutuhan.
  2. Dalam bidang E-Government dapat meningkatkan hubungan dan memberikan informasi secara mudah kepada masyarakat. Dapat juga memberikan pelayanan berbasis online kepada masyarakat atau pihak-pihak yang membutuhkannya.
  3. Dalam bidang pendidikan, telematika juga memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Misalnya proses pembelajaran yang dilakukan dirumah masing-masing siswa, namun siswa-siswa tersebut dapat terkoneksi dalam satu jaringan.
  4. Hipotesis yang dilakukan di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lain-lain dapat membuktikan bahwa pembangunan sektor telematika akan mempengaruhi sektor-sektor lainnya, yaitu penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%.
     Selain itu disisi lainnya, telematika juga memiliki dampak negatif yang bila digunakan tidak sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada. Berikut adalah dampak-dampak negatif dari telematika:
  1. Tindakan kejahatan yang dilakukan di internet atau bisa dibilang dengan Cyber Crime. Misalnya pembobolan rekening nasabah bank yang dilakukan dengan cara mencuri data yang terdapat di kartu kredit.
  2. Kejahatan telematika sebagai kejahatan Transnasional. Misalnya penyelundupan orang, narkotika, teroris nasional, dan lain-lain.
  3. Kejahatan telematika merugikan individu. Misalnya hacker yang dapat masuk ke sistem komputer dan mencuri data-data yang ada didalamnya.
  4. Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi.
  5. Pada tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.

Refrensi & Sumber :

http://vahren.blogspot.com/2013/10/apa-itu-telematika.html

http://vahren.blogspot.com/2013/10/manfaat-dan-dampak-negatif-telematika.html

http://bagasirawanganteng.blogspot.com/2012/10/pengantar-telematika.html

^Rachmatika Irfani (15110507)^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s