Etika Penggunaan Internet dan Media Sosial

Kebebasan berinternet menjadi telah menjadi gaya hidup dan kebutuhan masyarakat dewasa ini. Tren penggunaan internet di Indonesia pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sampai hari ini saja, dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia 55 juta diantaranya merupakan pengguna internet dan menempatkan Indonesia pada peringkat terbesar lima besar di Asia.

Pengguna facebook sendiri telah mencapai 50 juta orang (terbesar kedua di dunia), 7,7 pengguna Blogger, pengguna internet mobile 35 juta orang dan pengguna handphone mencapai 200 juta orang. Di sisi lain, kebebasan mendapatkan informasi pun kini tidak hanya didapat dengan cara konvensional. Hadirnya new media telah membuat masyarakat lebih simpel mendapatkan segala macam akses informasi maupun akses sosial.

Di era globalisasi semua orang menginginkan sesuatu yang lebih ringkas dan cepat. Saat ini pula, berita – berita update dapat kita buka dengan website melalui handphone, computer ataupun notebook. Selain mempersingkat waktu dan biaya, tampilan yang diberikan oleh website dapat memberikan daya tarik lebih kepada sang pembaca. Ditambah dengan update yang juga lebih cepat tidak seperti media konvensional yang hanya update berita pada waktu – waktunya saja.

Dalam melakukan segala hal harus memiliki etika.Sebelum kita membahas etika menulis di duni maya alangkah baiknya kita tau apa itu etika, Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Jadi etika itu sangat penting dalam komuikasi antar manusia agar terciptanya suasan yang kondusif.

Tak hanya dalam kehidupan sehari hari , atau pada saat tatap mata langsung kita beretika, tapi pada saat kita di dalam dunia maya kita juga perlu menjaga etika kita. Agar lebih tahu, apa saja yang harus di jaga saat bermain di dunia maya Perbuatan-perbuatan yang dilarang tersebut adalah sebagai berikut:
1. Mengirimkan dan mendistribusikan dokumen elektronis yang bersifat pornografi, judi, mengina dan mencemarkan nama baik, mengancam, membohongi dan menyesatkan, menyinggung SARA dan menakut-takuti. Jadi mengirimkan email ke seseorang yang bernada ancaman bisa dijerat dengan pasal perbuatan terlarang yang menyangkut ancaman.

2. Dengan sengaja tanpa hak mengakses komputer orang lain dengan tujuan memperoleh informasi atau dokumen elektronik, dengan sengaja melakukan pembobolan, penerobosan dan melampui sistem keamanan elektronis. Jadi mengakses komputer orang lain tanpa ijinpun bisa dituntut ke pengadilan.

3. Melakukan penyadapan terhadap informasi elektronis atau dokumen elektronis. Yang gemar menggunakan program key logging terjerat dalam perbuatan ini.

4. Melakukan perbuatan yang menyebabkan terganggunya sistem elektronis. Melakukan spam untuk membuat sebuah website tidak berfungsi bisa dikategorikan dalam perbuatan ini. 

5. Tanpa hak melakukan penggandaan, mendistribusikan atau memproduksi sesuatu yang digunakan untuk mendukung keperluan melakukan perbuatan yang dilarang yang telah disebutkan diatas. Jadi sebagai contoh seorang programmer yang dengan sengaja membuat suatu rutin untuk membobol sistem keamanan bank dapat dikenakan ancaman hukuman (kecuali dengan tujuan penelitian, pengujian sistem keamanan bank tersebut dan memang pihak bank menugaskan programmer tersebut).

6. Memanipulasi, mengubah, mengilangkan merusak dengan tujuan menjadikan suatu informasi elektronis atau dokumen elektronis seperti otentik. Misalkan kita memanipulasi isi transkrip kita dan mengirimkannya sebagai persyaratan untuk melamar beasiswa sudah masuk dalam kategori ini. Apalagi yang dengan sengaja membuat suatu program untuk memalsukan tanda tangan elektronis (yang dimaksud tanda tangan elektronis bukanlah tanda tangan yang discan, tetapi sebuah kunci yang digunakan untuk authentikasi seseorang atau lembaga)

Berinteraksi di dunia maya hal yang seharusnya dilakukan sebaiknya, adalah :

1. Hindari informasi tidak penting

Too much facebook information merupakan konsep yang saat ini sedang mewabah. Setiap orang melakukan memperbarui status Facebook setiap kali sedang atau telah melakukan sesuatu, bahkan mencurahkan isi hatinya.

Hal-hal tersebut terkadang tidak disukai banyak orang. Alasan utamanya ialah tidak semua orang ingin tahu urusan pribadi Anda.

 

2. Jangan Berkata Kasar

Terkadang media sosial jadi tempat kita menumpahkan kekesalan. Tapi jika ada ucapan tidak pantas keluar dari papan ketik, teman-teman pasti akan segera menghapus anda dari daftar kontak.

3. Hindari status motivasi

Tidak ada yang suka jika linimasanya dibombardir oleh anda dengan motivasi penuh mimpi. Setiap orang bisa memotivasi dirinya sendiri tanpa harus terpancing melalui status seperti itu.

4. Bukan pakar media sosial

Siapapun mengerti kalau anda bukanlah ahli media sosial, kecuali jika memang begitu adanya. Tapi kalau bukan, jangan bertindak seperti seorang pakar yang selalu membahas mengenai cara berbisnis atau apapun di dunia maya dengan menggunakan media sosial.

5. Pahami perbedaan

Hal paling keren tentang internet ialah banyak informasi, tapi yang tidak keren ialah banyak orang yang menganggap bahwa orang lain juga memiliki ketertarikan yang sama.

Refrensi :

http://media.kompasiana.com/new-media/2012/12/14/pelanggaran-kode-etik-di-media-online-lebih-banyak-516070.html

http://coretankecilradja.blogspot.com/2013/05/etika-menulis-di-sosial-media.html

http://senjayakertiawan.wordpress.com/2013/10/07/etika-dan-kode-etik-menulis-di-dunia-maya/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s